Teknik SEO : Pengertian On-Page SEO Beserta 9 Teknik Rahasia di Dalamnya

pengertian on page seo

Pada dasarnya setiap situs ataupun website perlu mengaplikasikan SEO.

Tapi..

Terkadang masih ada saja pemilik situs yang mengaplikasikan seo secara berlebihan, dan biasanya mereka melakukan hal tersebut karena 3 alasan ini :
  1. Situs atau artikelnya ingin cepat populer
  2. Situsnya ingin kebanjiran trafik dalam semalam
  3. Ingin mendapatkan banyak subscriber
Sama, saya juga ingin ketiga hal di atas terjadi, jadi wajar-wajar saja kalau anda juga ingin.

Namun biasanya karena terlalu semangat, mereka lebih memilih mengaplikasikan Black Hat SEO di banding White Hat SEO, alasannya karena satu "Mudah"

Padahal Black Hat SEO dapat memberikan dampak yang cukup buruk dengan jangka panjang, di mulai dari penurunan trafik hingga mbah google memberikan sanksi yaitu pinalti.

Jadi sebenarnya anda tidak perlu berlebih-lebihan dalam mengaplikasikan seo, cukup mempelajari teknik dasarnya saja anda sudah bisa mendatangkan trafik yang cukup lumayan.

Dan saya juga mengingatkan, jangan pernah menggunakan teknik Black Hat SEO, walaupun saya tau anda pasti akan tergiur jika mendengar hasilnya.

Supaya pengetahuan anda tentang seo semakin mantap, dalam studi kasus kali ini saya ingin membahas salah satu teknik dasar white hat seo yang wajib anda pelajari, dan di terapkan pada situs anda, yaitu :

Teknik SEO : On-Page SEO

On-Page SEO merupakan teknik white seo yang perlu di lakukan dalam jangka panjang, On-Page SEO berawal dari kata "On-Page" yang artinya pada halaman, jadi bisa di simpulkan kalau pengertian On-Page SEO adalah teknik mengoptimasi halaman situs supaya mendapatkan hasil terbaik di pencarian.

Dan untuk menoptimasi halaman situs, terdapat 9 teknik dasar yang perlu anda pahami, dan pelajari, yaitu :

A. Mengoptimasi Konten 

Mengoptimasi konten perlu anda lakukan, selain untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca, optimasi konten juga akan berdampak langsung pada trafik anda.

Dan untuk mengoptimasi konten, ada 4 konsep yang perlu anda pahami dulu, yaitu :

1. Berkualitas - Membuat Konten yang di Cintai Oleh Pembaca

Konten yang berkualitas sudah pasti akan di hinggapi oleh para pembaca, sebab pada konten tersebut si penulis berhasil menyelesaikan suatu permasalahan yang di alami oleh si calon pembaca.

Contoh seperti ini : 

Ibaratkan anda seorang calon pembaca yang ingin mencari cara untuk membuat kue.

Kemudian anda menemukan 2 situs membahas topik yang sama tetapi komposisi kontenya berbeda.

Komposisinya seperti ini :

1. Konten pertama : 1500 kata, tanpa gambar, tutorial dari a-z di jelaskan semua, dan tanpa refrensi yang jelas

2. Konten kedua : 1000 kata, dengan gambar, tutorial dari a-z di jelaskan semua, dan tanpa refrensi namun di sertai bukti.

Nah, dari kedua konten di atas biar saya tebak, pasti anda memilih yang kedua kan ?, karena sudah jelas anda masih normal, dan tidak ingin sesuatu yang setengah-setengah.

Jadi seperti itulah contohnya, konten yang berkualitas tidak hanya bernilai di mata robot, tapi juga bernilai di mata pembaca.

Sebelum anda memahami konten yang berkualitas lebih dalam lagi, anda perlu mengetahui seperti apa itu konten yang berkualitas supaya untuk kedepannya sudah ada bayangan yang tercipta di pikiran anda.

Untuk mengetahui sebuah konten yang berkualitas, minimal konten tersebut memiliki ciri-ciri seperti ini :

1. Berisfat original - kontenya berasal dari pengalaman pribadi serta di ketik sendiri

2. Kontennya bermanfaat - kontenya mampu menyelesaikan masalah yang di alami pembaca

3. Isinya berbobot - isi kontenya padat, dan berbobot supaya pembaca semakin banyak ilmunya serta semakin puas

4. Kontennya dapat di percaya - konten sudah di sertai bukti yang kuat, contohnya gambar atau video

Apabila konten berkualitas sudah memenuhi 4 ciri-ciri di atas, minimal anda akan menemukan 2 hal ini halaman kontenya :

1. Banyak yang berkomentar
2. Banyak yang Share

Jadi intinya membuat konten yang berkualitas sangat lah penting, bukan hanya untuk trafik tetapi untuk manfaat orang banyak.

Dan ingat pembaca adalah raja, maka usahakan buat konten semaksimal mungkin.

"Lalu untuk membuat konten yang berkualitas itu gimana ya mas ?"

Saya pribadi tidak bisa mengungkapkan banyak karena saya belum cukup pengalaman, tetapi yang saya ketahui cara untuk membuat konten yang berkualitas, anda harus menerapkan 9 faktor yang cukup penting, seperti : 
  1. Lupakan seo saat menulis konten, anda menulis konten untuk manusia, bukan untuk robot
  2. Perhatikan kepadatan konten di setiap paragraf
  3. Ada gambar lebih bagus
  4. Jangan terlalu memikirkan untuk meletakan keyword di isi konten
  5. Buat judul yang mengundang klik, tetapi tetap human-friendly
  6. Optimalkan url
  7. Lakukan strategi penempatan keyword
  8. Lakukan keyword research
  9. Jangan terlalu memaksakan yang ada hasilnya malah tidak maksimal 

2. Mengoptimasi Jumlah Kata - Membuat Konten yang Isinya Lebih Berbobot

Tidak sedikit pemilik situs yang males saat menulis konten, apa lagi kalau lagi gak mood, kemungkinan hanya sekita 500-700 kata saja yang tercipta, gak lebih.

Tetapi parahnya, dia juga berharap agar konten yang di buat bisa masuk page one, dan di share banyak orang.

Awas jangan sampai anda seperti dia, bahaya karena bisa memberikan dampak negatif ke situs anda, walaupun tidak secara langsung.

Bayangkan kalau diri anda seperti itu, kemudian ada pengunjung sedang benar-benar membutuhkan infomasi namun yang ia dapatkan malah konten yang seperti itu, saya yakin pengunjung tersebut akan berekspresi seperi ini : 

mengoptimasi jumlah kata

Maka pengunjung tadi merasa menyesal sudah berkunjung, karena mereka tidak mendapatkan apa yang mereka mau.

Bicara soal jumlah kata, terkadang tak jarang konten yang isinya dangkal justru mampu peringkat satu di hasil pencarian.

Tapi anda tidak perlu iri hati.

Karena ada tiga kemungkinan mengapa konten tersebut bisa peringkat satu di hasil pencarian.
  1. Mereka bersaing di pencarian rendah
  2. Mereka memiliki backlink yang cukup kuat
  3. Keyword yang mereka cantumkan berhasil tertarget
Jadi, kemungkinan apabila mereka mencoba bersaing di hasil pencarian yang tinggi, situs mereka akan terpental jauh.

"Lalu gimana jika saya ingin bersaing di hasil pencariannya tinggi mas ?"

Cukup banyak hal yang perlu anda lakukan untuk bersaing di pencarian tinggi sekaligus mendapatkan posisi satu pada hasil pencarian.

Karena anda tidak hanya perlu membuat konten yang berkualitas saja, tetapi anda juga perlu melakukan :
  1. Membuat konten berkualitas (Minimal : 2500 Kata)
  2. Melakukan link building - untuk mendapatkan backlink yang berkualitas
  3. Keyword research - untuk menganalisa nilai suatu keyword
  4. Promosi konten - untuk mempopulerkan konten
"Gilaaaaa, 2500 kata kan banyak banget mas"

Memang banyak, tapi kalau isinya 2500 kata maka bisa sudah di katakan berbobot, dan logikanya kalau isinya berbobot jumlah katanya tidak sedikit bukan ?.

Dan SerpIQ pun juga mengungkapkan hal yang sama, mereka mengungkapkan kalau situs yang bisa nangkring di posisi satu kontenya berisi 2500 kata.


Tapi jangan sampai terjebak.

Panjang bukan berarti bagus, karena di luar sana masih banyak situs yang kontenya berisi 2500 kata, tapi isinya tidak berbobot sama sekali.

Jadi lebih baik anda membuat konten berisi 1500 kata namun berkualitas.

3. Keyword Research - Menganalisa Keyword Hingga Tertarget.

Keyword Research merupakan langkah untuk menganalisa keyword (kata kunci) supaya anda mendapatkan keyword yang lebih bernilai, dan banyak di cari orang.

Untuk melakukan keyword research anda bisa memanfaatkan tools pencari keyword, contohnya seperti ubbersuggest, dan keywordtools.

Kemudian setelah menemukan keywordnya, anda perlu menganalisa tingkat kesulitannya dulu, karena tak jarang pemula yang mengabaikan hal ini sehingga situsnya tidak munucl di hasil pencarian.

Setelah menganalisa tingkat kesulitan, anda bisa langsung menyusun strategi untuk meletakan keyword tadi.

Terdapat 4 tempat yang sangat bagus untuk meletakan keyword, yaitu : 
  1. Judul
  2. Deskripsi
  3. URL
  4. ALT gambar
Selengkapnya mengenai keyword research bisa anda baca di situs rekan saya PanduanIM : 

4. Mengoptimasi Judul - Membuat Judul Kreatif Sehingga Mengundang Klik

Banyak yang beranggapan kalau membuat judul itu gampangnya luar biasa, karena menurut mereka dengan membuat judul yang mirip dengan situs lain, otomatis situsnya akan langsung muncul halaman pertama.

Oke lah itu bisa anda jadikan sebagai jaminan, tapi "Apakah judul seperti itu mampu mengundang klik ?".

Nah ini dia permasalahan yang masih sering terjadi, dan parahnya lagi masih di ulang-ulang, karena mereka terlalu tergiur oleh halaman page one di bandingkan pengunjung yang loyal.

Padahal kalau mereka mengoptimasi judul, mereka bisa mendapatkan lonjakan trafik yang luar biasa dari judul saja, ya dari JUDUL saja.

Karena sebelum mulai mengexplore konten anda, pengunjung terlebih dahulu akan menilai judul konten anda bukan langsung isi konten.

Dan jika anda ingin membuat judul yang bisa mendatangkan lonjakan trafik, pahami ke 4U dari situs Copyblogger berikut ini :

1. Usefull - berguna untuk pembaca
2. Urgency - terkesan genting/penting
3. Unique - terkesan unik di mata pembaca
4. Ultra Spesific - susunannya sangat spesifik

5. Mengoptimasi Deskripsi - Membuat Deskripsi Situs yang Mengundang Klik

Selain judul, deskripsi juga sangat berpengaruh kepada trafik, karena pengunjung dapat mengetahui apa yang anda bahas di situs anda, tentu kalau isinya tidak jelas sebagai seorang pengunjung anda lebih memilih kabur kan ?.

Dalam membuat deskripsi haruslah spesifik, minimal terdiri 150 kata yang mampu mewakili seluruh isi situs anda.

Selain itu, anda juga bisa melakukan strategi penempatan keyword, dan untuk meletakan keywordnya, dapat anda letakan di sela-sela kata, tetapi keywordnya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

B. Mengoptimalkan Struktur Halaman

Memiliki struktur halaman yang baik akan sangat berpengaruh terhadap proses index yang di lakukan oleh robot google. semakin anda buat mudah strukturnya, samkin cepat pula robot google meng-index seluruh konten anda.

Dan untuk mengoptimalkan struktur halaman, ada 4 hal yang perlu anda pelajari, dan pahami yaitu :

1 Mengoptimasi Url - Strategi Menempatkan Keyword di Dalam Url

Tidak sedikit pemilik situs yang menyepelekan URL, karena banyak yang beranggapan kalau URL tidak berkaitan langsung dengan seo.

Padahal SALAH BESAR.

Karena url merupakan salah satu tempat terbaik untuk menempatkan keyword selain di judul, dan deskripsi.

Dengan meletakan keyword di dalam URL, anda dapat membuat struktur konten semakin kuat.

Dan untuk melakukan optimasi ini, anda perlu menyiapkan 1 keyword yang ingin anda target. disini saya menggunakan keyword "Ayam Bakar" sebagai contoh.

Tapi anda analisa dulu judulnya.

Apabila judul konten anda seperti ini (misalnya) : Membuat Ayam Bakar Enak Ala Rumahan.

Maka anda bisa membuat keywordnya seperti ini : ayam-bakar-ala-rumahan

2. Mengoptimasi Kecepatan Situs - Meningkatkan Kecepatan Loading

Di saat kita ingin mengunjungi situs, tentunya kita meluangkan waktu demi mendapatkan informasi yang kita cari.

Tapi..

Terkadang masih ada saja pemilik situs yang tidak menghargai waktu yang kita berikan, dengan membiarkan loading di situsnya menjadi sangat lelet.

Ini dia yang bahaya.

Karena sebagai manusia, pengunjung tidak ingin waktunya terbuang sia - sia, al hasil mereka akan lebih memilih kabur.

Bahkan situs Kissmetric sampai mengadakan research, untuk mendalami permasalahan loading yang lelet, dan hasilnya "

40% of people abandon a website thatstake more 3 second to load

Artinya : sebanyak 40% pengunjung akan mengabaikan website yang loadingnya membutuhkan waktu lebih dari 3 detik.

Jadi untuk mencegah hal tersebut, anda perlu mengoptimalkan kecepatan loading di situs anda, dengan cara :
  • Mengkompress CSS, Javascript, dan HTML
  • Mengkompress ukuran gambar
  • Menggunakan Asynchronous

3. Mengoptimasi Internal Link - Memahami Struktur dan Tujuan dari Internal Link

Internal Link merupakan sebuah link yang terletak di sebuah situs yang mengarah ke link lain pada situs tersebut.

Contohnya : link yang terletak dalam navigasi

Selain itu penggunaan internal link sangat lah penting, bukan hanya untuk mempermudah situs anda di rayapi oleh robot google, tetapi pengunjung pun akan lebih mudah menemukan konten anda yang lain.

Selain itu terdapat 3 tempat terbaik untuk meletakan internal link.
  1. Navigasi
  2. Sidebar
  3. Konten
Awas apabila anda sudah menggunakan internal link, tiba-tiba link yang di tuju telah di hapus, maka dengan segera anda harus mengganti linknya dengan yang baru.

Karena jika tidak di ganti, akan muncul pemberitahuan error halaman di google webmaster tools.

4. Mengoptimasi Tampilan Mobile - Buat Situs Anda Semakin Responsive

Semenjak munculnya smartphone, pengunjung lebih suka mengakses situs melalui smartphone mereka, dengan satu alasan yaitu "Karena Mudah".

Namun sebagai pemilik situs, anda perlu mewaspadai hal ini karena beberapa waktu lalu google telah merilis algoritma Mobilegeddon.

Jadi apabila anda tidak menyesuakian tampilan untuk mobile, maka kemungkinan trafik anda dapat menurun, namun penurunan trafik bisa paling di rasakan oleh anda yang memiliki situs yang pengunjungnya rata-rata pengguna mobile.

Apabila situs anda sudah 100% responsive maka di hasil pencarian, situs anda akan memiliki label "Mobile Friendly" di samping deskripsi.

mengoptimasi tampilan responsive untuk mobile

Kesimpulan

Untuk melakukan teknik white seo memerlukan waktu yang cukup lama, akan tetapi hasil yang akan anda dapat sangatlah menjanjikan.

Selain itu untuk mengaplikasikan teknik yang ada di dalam on-page seo jangan sampai berlebihan, karena bisa mengganggu pengunjung, serta robot pengindex.
0 Komentar untuk "Teknik SEO : Pengertian On-Page SEO Beserta 9 Teknik Rahasia di Dalamnya"

Hanya 9,8% Komentar Cerdas yang di Approve